Selasa, 11 September 2012

Soal Ekonomi Essay

1. Jumlah penduduk adalah jumlah manusia yang bertempat tinggal atau berdomisili pada suatu wilayah atau daerah dan memiliki mata pencaharian tetap di daerah itu serta tercatat secara sah berdasarkan peraturan yang berlaku di daerah tersebut. pencatatan atau peng-kategorian seseorang sebagai penduduk biasanya berdasarkan usia yang telah ditetapkan. Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. Angkatan kerja adalah penduduk berumur 15 tahun ke atas yang mempunyaipekerjaan sementara,tidak bekerja dan mereka tidak bekerja tetapi mencari pekerjaan. Kesempatan kerja adalah jumlah penduduk yang berpartisipasi dalam pembangunan dengan melakukan suatu pekerjaan dan menghasilkan pendapatan.

2. Pengangguran bisa terjadi karena sedikitnya lapangan kerja yang tersedia, modalnya pun juga kurang.

3. Pendapatan nasional yang tinggi memungkinkan pembentukan modal yang lebih besar melalui tabungan. Tabungan tersebut memungkinkan terjadi pembentukan investasi yang mengakibatkan perluasan dan penciptaan usaha. Disinilah terbukanya kesempatan kerja yang lebih besar bagi para pengangguran.

4. Sistem perekrutan karyawan yang dilakukan secara kontrak. Artinya masa kerjanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, kontrak selama 6 bulan atau setahun setelah selesai masa kontrak, diperpanjang lagi atau diberhentikan. Biasanya perusahaan yang melakukan perekrutan secara outsoursing ini bekerjasama dengan sebuah yayasan penyedia tenaga kerja.

5.   Keberhasilan pembangunan ekonomi di Indonesia:

  •      Meningkatnya taraf hidup.
  •      Meningkatnya barang dan jasa.
  •      Meningkatnya semangat dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan zaman. Kebutuhan manusia akan menjadi kompleks.
  •      Meningkatkan sikap kemanusiaan dan kesetiakawanan sosial.
  •      Membantu masyarakat untuk hidup lebih mudah. Penggunaan teknologi agar memenuhi kebutuhan lebih mudah.
           Kegagalan pembangunan ekonomi di Indonesia :
  •      Tidak meratanya pembangunan.
  •      Penangguran.
  •      Tidak memenuhi persyaratan.
  •      PHK.
  •      KKN.


6. a. Keduanya menekankan pada kenaikan PDB. Namun, pertumbuhan ekonomi hanya menekankan kenaikan PDB tanpa membandingkan dengan laju pertumbuhan penduduk. Sedangkan dalam pembangunan ekonomi, disebut ada kenaikan jika laju kenaikan PDB melebihi kenaikan pertumbuhan penduduk.

b. Pertumbuhan ekonomi hanya melihat kenaikan tanpa melihat akibat atau perbaikan kondisi yang ada. Jadi, penekanannya hanya pada pertambahan sarana seperti jembatan, mesin-mesin, dan sarana listrik. Sedangkan, pembangunan ekonomi tidak hanya menekankan pada pertumbuhan secara fisik, melainkan juga perbaikan kelembagaan, kondisi ekonomi, sikap, dan struktur yang ada supaya lebih berhasil guna dan berdaya guna.

7. Pembangunan kantung tempat belanjaan yang bisa didaur ulang. Sebaiknya toko toko, outlet, warung dsb menggunanakan kantong yang bisa didaur ulang seperti kertas dan bukan menggunakan kantong plastic yang tidak bisa didaur ulang. Dan pabrik kantong kertasnya pun harus punya fasilitas pengolah limbah sebelum membuang limbahnya ke sungai atau ke laut.

8. Belum di wawancara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar